Rekaman Pembicaraan Pilot Adam Air

Rekaman pembicaraan pilot Adam Air dengan nomor penerbangan KI  574 tujuan Surabaya-Manado yang jatuh di perairan Majene, Sulawesi Barat, 1 Januari 2007 silam ini telah beredar luas di internet. Rekaman pembicaraan ini tersebar secara berantai melalui e-mail dan salah satunya masuk ke inbox gmail saya. Entah, sejak kapan rekaman ini beredar. Juga tidak diketahui secara pasti benar atau tidaknya rekaman ini. Berikut penjelasan rekaman pembicaraannya:

Rekaman berdurasi 5:38 menit itu merupakan percakapan dua orang lelaki dengan latar belakang suara gemuruh di sepanjang percakapan. Seorang lelaki dalam percakapan itu dipanggil “Kep” (Captain). Lelaki yang satunya lagi tidak bisa diidentifikasi. Namun, tertangkap dengan jelas dari nada suaranya, lelaki yang dipanggil “Kep” adalah pimpinan dari lelaki yang satunya.

Menjelang akhir rekaman, kedua orang itu banyak menyebut angka. Radio komunikasi tidak putus-putus berbunyi. Di akhir percakapan, nada suara kedua orang itu terdengar panik. Suara lelaki yang dipanggil “Kep” berulang kali berteriak, “Coba naik…Coba naik….”

Lalu suara gemuruh terdengar lebih keras dan kedua orang itu berulang-ulang menyebut asma Allah, “Allahu Akbar…Allahu Akbar…” Kemudian terdengar suara seperti benturan diikuti teriakan asma Allah yang panjang dan rekaman itu berakhir.

-Berikut rekaman pembicaraan itu:

…..suara gemuruh yang monoton….

Lelaki yang dipanggi “Kep” (Capt): Ini posisinya dia di sono…

…..suara pembicaraan dalam bahasa Inggris di radio komunikasi (tidak jelas)….

Capt: Ujung pandang di luar..
Lelaki lain (Lelaki): Cuaca….ampun deh..

……komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas)….

Capt: Lho, ini diembinye dia? (apakah yang dimaksud DMB?)
Lelaki: Iya, makanya itu Capt, ngaconya di situ
Capt: Lha, ini mike kilo siera (MKS)?

……komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas)….

Capt: Tapi nggak jelas nih
Capt: Anginnya dah mulai normal lagi
Lelaki: Ya

……komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas)….
sempat terdengar, “Selamat tahun baru, Mas….ok di-copy, disampaikan nanti insya allah..”

Capt: ….(tidak jelas)…diembi gue beda dengan diembi gambarnya ini
Lelaki: Iya, ngaco dia, benar
Capt: Udah ngaco emang…(jeda)… udah mulai kapal bambu, udah…. (jeda)….mendingan kita percaya  sama ini aja deh..
Lelaki: Hehe..(tertawa kecil) iya lah
Capt:…Terlalu jauh banget…

…..suara gemuruh yang monoton…

Capt: Salah lagi itunya

…..suara gemuruh yang monoton

Capt: Coba tolong confirm posisi aja …..(tidak jelas, Capt memerintahkan lelaki berbicara tentang sesuatu)….

……..komunikasi radio dalam bahasa Inggris, “Confirm radio…contack to radio 307..”…selanjuntya tidak jelas….

Capt: Ok, that’s confirm..ok that’s confirm
Capt: Ngaco…bla..bla..nya… (terdengar seperti SMS-nya) SMS telah mengacaukan dirinya sendiri, edan opo (gila apa)
Capt: Woi, terbangnya melanglang buana’e…

…..suara gemuruh yang monoton

Lelaki: …tidak jelas…
Capt: Coba gue pake ini aja deh terbangnya….(tidak jelas)…taruh di attitude…
Lelaki: Yes…

…..suara gemuruh yang monoton

Lelaki: Masuk ke..?
Capt: Fill aja
Lelaki: Fill?
Capt: Iya full aja
Lelaki: Full aja ya
Capt: Kita pake atitude aja ni
Lelaki: Yang left?

….percakapan tertutup komunikasi radio dalam bahasa Inggris…….

…..kreett..krett…komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas)….

Capt: Masukin heading
Lelaki: Heading berapa nih, Capt?
Capt: Zero..zero..seven nine ya
Lelaki: Ya

……komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas)….

Capt: Coba naik lagi
Capt: Coba left lagi
Lelaki: Yes
Capt: Coba left…coba left …
Lelaki: Ok Capt
Capt: Jangan dibelokin nih (suara Captain mengeras)
Lelaki: Captain…Captain… Captain…(panik)

……Suara gemuruh makin keras dan terndengar suara kretek….kretek…kretek….

Lelaki: Aduh Capt..Capt…
Capt: Ya..ya..

……Suara gemuruh makin keras dan terndengar suara kretek….kretek…kretek….

Tidak jelas lagi suara siapa, terdengar Alhahu Akbar berulang kali….disertai suara gemuruh yang semakin keras…..suara seperti benturan dan teriakan aaaahhhh…. Alhahu Akbar …..Alhahu Akbar ……Alhahu Akbaaaaaaaaaar……(rekaman berhenti)…

-Rekaman dari situs Kaskus

Rekaman ini juga banyak diulas di sejumlah blog dan didiskusikan di sejumlah situs komunitas. Di situs komunitas Kaskus, bahkan beredar transkrip lengkapnya. Berikut transkrip yang diambil dari Kaskus.

(WARNING sound) : PULL…

Voice on DHI 574 cockpit : ini —-

ATC: trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent?

in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– headingnya…..ini posisinya dia, di sono…. iya 21 mile) .

TGN 161: say again sir?

ATC: trigana 161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots, runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding waiting for weather improvement?

TGN 161: affirmative, we are make holding

ATC: roger, trigana 161, now fly heading… ee… two six zero expect holding on one five miles mike kilo sierra, radial three one zero mike kilo sierra…

in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– —–, ujung pandang…. bos…. ujung pandang jelas?)

Voice on DHI 574 cockpit: aiyyah…. cuaca di mike kilo sierra (means…. Makassar… ampun deh)

TGN 161: —-heading 260, 15 miles holding, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit: loh, ini DMEnya nih yah…

iya makanya juga ngaconya disitu

nah, ini mike kilo sierra

yah…

ATC: adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?

DHI 574: affirm

mach 74 maintaining 070…

Voice on DHI 574 cockpit : Bearing 074

anginnya dah mulai normal lagi

iyah….

ATC: Syahrizal confirm? (ATC asking for pilot’s name)

selamat tahun baru mas….

DHI 574: Gatu

ok dicopy, disampaikan nanti, Insyaallah….

Voice on DHI 574 cockpit: —- koq DMEmu beda sama DME gambarnya ini

iyah…

ngaco dia tuh brarti

dah ngaco dah emang …dah ngaco

udah mulai gambar bambu ini

udah, kita percaya ama ini aja deh…

hehehe… iyalah….

—- cewe-cewe

makanya, terlalu jauh banget

—-

___noise___

salah lagi ini dia….

—-

iya nih

coba.. tolong confirm posisi aja, confirm on radial sekian.. 124 DME gitu

(on the background, FO calling ATC)

ATC: go ahead

—- : —- —-

DHI 574: roger… adam 574 position is 125 miles mike kilo sierra, crossing radial 307 mike kilo sierra

Voice on DHI 574 cockpit: ok….. that’s confirm… that’s confirm

affirm

iya khan.. ngaco

ngaco FIDSnya udah —-, FMSnya…

FMS telah mengacaukan dirinya sendiri… UEDANN opo…

oi terbangnya melanglang buana eh….

TGN 161: trigana 161, maintain visibility now

ATC: standby one

Voice on DHI 574 cockpit: ini aja kep yah

coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh untuk navnya, pake —- audio altitude

yes

yah ini aja

TGN 161: Trigana 161 request visibility now?

ATC: standby one

TGN 161: standby

Voice on DHI 574 cockpit: masuk ke….

fail aja

fail?

yah, vault aja nih

—-

ntar attitude (or) altitude aja nih

ada semua —- cable? (probably AM/Air Mechanic try to repair something on cockpit)

attitude (or) altitude? nggak..

yang laen…

ATC: trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots

Voice on DHI 574 cockpit: (Adam’s AM: klo angin dan headingnya saja, masukin ini …)

TGN 161: copied, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit: —- SELCAL dan altitude

masukin ini

heading brapa nih kep? (FO asking)

zero… zero seven nine yah (captain)

iya

masukin ini keatas

TGN 161: trigana 161, request ILS.. visual at runway 13

ATC: trigana 161, ee.. roger make left turn now heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13

Voice on DHI 574 cockpit: ini kep?

taro NAV lagi….

TGN 161: trigana 161, ….descent to two thousand confirm?

(in the background, warning sound ….—-….)

ATC : affirm

Voice on DHI 574 cockpit: taro NAV lagi, taro NAV lagi….

TGN 161: descent to two thousand, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit: yes?

taro NAV lagi (in the background, WARNING sound …. —- …. WARNING alarm)

taro NAV lagi

NAV!…… ok kep?

JANGAN DIBELOKIN Nih… kita —- —–

captain, captain, captain…

(WARNING sign…. ticking….)

aduh kep, kep, kep….

ya, ya…

Allahuakbar……. Allahuakbar…….. Allahuakbar…….. Allahuakbar……..

DHI 574: Mayday…..

Voice on DHI 574 cockpit: argh…

Allahuakbar….

DHI 574: MAYDAY… MAYDAY…!!

Voice on DHI 574 cockpit: Allahuakbar….

allahuakbar….

(…sounds like windshield kracking…)

argh…

allahuakbar….

NB :
– DHI …. ICAO Code for Adam Air, such as GIA (Indonesia), MNA (Merpati), TGN (Trigana), LNI (Lion)
– Mike kilo sierra = MKS …. Alat bantu navigasi (VOR) di Ujung Pandang
– ATC …. Air Traffic Controller. Dalam percakapan ini adalah suara dari Ujung Pandang Approach (UPG APP).
– DME = Distance Measuring Equipment….. alat bantu penentu jarak ke station tertentu.
– DIOLA…. DR/Dead Reckoning point. Koordinat pada titik tertentu di bumi (used for navigation).
– FO = First Officer…. Copilot.
– FMS = Flight Management System…. Komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tsb.

Download Rekaman Pembicaraan Pilot Adam Air

Bagaimana tanggapan teman-teman mengenai rekaman pembicaraan ini? Silahkan utarakan komentar dan opini teman-teman, jangan sungkan untuk berkomentar, karena dengan berkomentar kita dapat saling bertukar pikiran.

9 Tanggapan

  1. Hallo Salam kenal

    http://www.pasopati.co.cc

    slm kenal jg mas!

  2. hiks…didenger berkali2 bawaannya mw nangis aja.ga kebayang gmana panik,sedih dan putus asanya orang2 di dalamnya.semoga arwah semua penumpang dan semua yang bertugas di dalamnya diterima allah swt.amiin….

    sy jg sedih waktu dengar rekaman ini, mudah2an mrka smua diterima disisi-Nya…amin…

  3. Saya juga nulis ttg itu loh…
    emang rame di blog. Tapi keasliannya masih diragukan kan?
    lebih baik tunggu om RoySosro aja, paling bentar lagi muncul.

    Nitip belaSungkawa sebesar2nya atas korban yang hilang.

    Salam kenal, silahkan berkunjung ke blog saya

    yaa kita tunggu aja berita lebih lanjutnya… ok deh, blognya udh dikunjungi😀

  4. great………….

    tamparan buat menhub..katanya rekaman ga bisa kebaca eee…ternyata boong

    hahaha, yaah ini kan Indonesia, kebohongan selalu terjadi…

  5. Pihak keluarga memang pasti sedih karena luka lama dibuka kembali. Tetapi kebenaran harus diungkap sejelas-jelasnya meskipun menyakitkan. Ini adalah fakta kebobrokan sebuah perusahaan penerbangan dan melibatkan instansi pemberi ijin yang dengan mudah meloloskan ijin terbang (sudah sangat parah, aku curiga ada uang bermain, nyawa penumpang kok dibeli dengan uang. Kita harus kritis bila ingin maju.

    Dengan demikian akan banyak orang tahu fakta sebenarnya agar jangan terulang kasus kecelakaan yang sampai sekarang tidak jelas kabar beritanya, kok sptnya ada unsur menutupi (melindungi) pihak tertentu (pejabat di DPR) dan pengusaha besar (money politics).

    Menteri perhub harus mempublish rekaman aslinya kepada pihak yang memang ahli flight navigator untuk memastikan rekaman ini asli atau tidaknya. Bukan sibuk bantah ini palsu atau tidak, kok spt kasus Suap DPR yang melibatkan 2 pejabat (ada unsur melindungi), kalau kita mau maju harus transparan, kalau perlu bos adam air dan semua orang yang terlibat seret ke meja hijau tanpa memandang unsur uang dan kekuasaan. KEADILAN dan KEBENARAN harus ditegakkan.

    Mari kita tunjukkan patriotisme bangsa Indonesia dengan mulai JUJUR.

    memang bangsa kita masih perlu banyak belajar mengenai KEJUJURAN, KEADILAN, dan KEBENARAN. maka tidak heran uni eropa melarang pesawat2 kita untuk terbang ke daerah mereka. ini sangat memalukan bangsa kita di mata dunia, mudah2an saja bangsa ini dapat berubah..amin…

  6. sbenernya ada apa sich dengan negeri ini..kok sepertinya kita sudah nggak punya harga diri di hdapan dunia,sehingga dengan mudah kita dilecehkan…ya Allah lindungilah INDONESIA ku ini..kirim doa selamat buat seluruh arwah korban ADAM Air Majene.

  7. Semoga Allah SWT memberi mengampuni para ihwan dan memberi mereka tempat yg baik. Kejam sekali manajemen Adam air, menerbangkan pesawat rusak. Seharusnya pemerintah menjatuhkan hukuman yg berat pada pemilik Adam Air, disini kalian lolos tapi suatu saat kalian “orang-2 yg bertanggungjawab atas pesawat itu” akan mendapat balasan yang keras. Sepertinya negeri ini tanpa pemerintah, tak ada pengawasan, tak ada hukum bagi “orang-2 kuat dan berduit”

  8. tolong deh,dunia,jangan biarkan pesawat indonesia terbang kemana-mana soalnya emg dari cara nya nyewa pswt maunya yg murah dan proses didlmnya ternyata serba sogok untuk perijinan jadi ga ada yg murni safety,tolong deh saya kerja di airlines baru dan udah liat sendiri gmn prosesnya ,itu orang dsku kerjanya nagih sogokan ini itu ke management airlines biar urusan lancar soal administrasi,ijin yg berhub dgn safety dikesampingkan,duh parah biriokrasi airlines kita,jadi jangan sembarangan naik pesawat tiket murah yah karena emg pesawatnya yg tua yg byk rusak yg dibeli,perawatan bisa diatur.hati2 yah para calon pax

  9. ini adalah bukti kelalaian transportasi di indonesia, pesawat tidak layak terbang disuruh terbang,sekali lagi semoga arwah para penumpang pesawat dan pilot bersemayam dengan tenang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: